PENGEMBANGAN SILABUS SMP KELAS 8 SEMESTER 2

SILABUS

Nama Sekolah            : SMP Negeri 1 Sidoharjo

Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester           : VIII/II

Standar Kompetensi   : Membaca,

15. Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi

Alokasi waktu             : 8 x 40 menit

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

1. 15.1 Menjelaskan  alur cerita, pelaku, dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) Unsur instrinsik pada novel remaja
  • Tanya jawab mengenai karya sastra, khususnya novel.
  • Tanya jawab tentang novel asli, terjemahan, dan saduran.
  • Menyebutkan unsur-unsur intrinsik pada novel.
  • Menganalisis berdasarkan unsur intrinsik novel yang pernah di baca siswa.
  • Membaca sekilas resume novel atau potongan cerita pada novel.
  • Menyebutkan unsur intrinsik pada novel tersebut.
  • Menceritakan alur novel.
  • Menyebutkan watak dari tokoh dalam novel.

Menyebutkan latar novel.

  • Menjelaskan definisi novel karya sastra.
  • Menjelaskan perbedaan novel asli, terjemahan, dan saduran.
  • Mengidentifikasi jenis-jenis novel karya sastra.
  • Menjelaskan unsur intrinsik pada novel.
  • Mengidentifikasi unsur intrinsik pada sebuah novel.
  • Menjelaskan dan mencontohkan alur cerita, pelaku, dan latar novel.
Jenis:

  • Pengamatan Kinerja
  • Tes uraian
  • Unjuk kerja
  • Tes Identifikasi
  • Portofolio
4 x 40 menit
  • Novel Teenlit
  • Resume Novel atau Roman
  • Buku teks Membuka Jendela Ilmu Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (Dwi Hariningsih, dkk)
  • Sumber Internet
2. 15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi Ciri-ciri puisi dalam antologi puisi
  • Tanya jawab tentang definisi puisi.
  • Membaca beberapa puisi yang terdapat pada antologi puisi.
  • Menganalisis puisi yang telah di baca.
  • Menyebutkan ciri puisi sebagai karya sastra yang berbeda dengan karya sastra lain.
  • Menyebutkan ciri-ciri puisi secara lengkap.
  • Membuat puisi yang sesuai dengan ciri-ciri puisi yang telah diungkap bersama.
  • Menjelaskan pengertian puisi.
  • Mengidentifikasi puisi sebagai karya sastra.
  • Menjelaskan ciri-ciri umum puisi.
  • Mampu membuat puisi dengan ciri-ciri yang telah disebutkan bersama.
Jenis:

  • Pengamatan Kinerja
  • Tes uraian
  • Unjuk kerja
  • Tes Identifikasi
4 x 40 menit
  • Buku Antologi Puisi Yan Mujianto
  • Kumpulan Puisi
  • Sumber Internet
  • Buku teks Bahasa Indonesia Bahasa Kebanggaanku (Sarwiji Suwandi)

SILABUS

Nama Sekolah            : SMP Negeri 1 Sidoharjo

Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester           : VIII/II

Standar Kompetensi   : Menulis,

16. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan dalam puisi bebas

Alokasi waktu             : 6 x 40 menit

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

1. 16.1 Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai Menulis puisi dengan menggunakan diksi yang tepat.
  • Membaca beberapa puisi yang memiliki diksi yang tepat.
  • Membedakan puisi yang memiliki kosa kata kias dan lugas.
  • Mengelompokkan gaya bahasa yang digunakan dalam puisi.
  • Menulis puisi yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dengan diksi yang tepat.
  • Mencontohkan puisi yang memainkan kosa kata menjadi lebih puitis dengan makna kias.
  • Merefisi puisi yang telah dibuat menjadi lebih puitis.

Membacakan di depan kelas.

  • Menjelaskan pentingnya pemilihan diksi dalam puisi.
  • Mengidentifikasi definisi puisi lugas dan kias.
  • Menjelaskan majas-majas yang sering digunakan dalam puisi.
  • Mendiskripsikan lingkungan atau objek menjadi puisi dengan pemilihan diksi yang sesuai.
  • Menerapkan penggunaan diksi yang tepat dalam puisi.
Jenis:

  • Pengamatan Kinerja
  • Tes uraian
  • Unjuk kerja
  • Lisan perform-ance
  • Portofolio
4 x 40 menit
  • Antologi puisi Yan Mujianto
  • Kumpulan puisi
  • Lingkungan sekitar
  • Kamus bahasa Indonesia
  • Buku Teks Bahasa Indonesia Bahasa Kebanggaanku (Sarwiji Suwandi)
  • Sumber internet
2. 16.2 Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan Menulis puisi dengan menggunakan sajak yang teratur.
  • Menyampaikan pengertian dan kegunaan sajak pada puisi.
  • Membaca kumpulan puisi yang memiliki persajakan berbeda-beda.
  • Menganalisis sajak dalam puisi.
  • Memberikan contoh dan gambaran tentang puisi yang memperhatikan persajakan.
  • Siswa diajak keluar kelas dan melihat sekeliling.
  • Siswa membuat puisi disesuaikan dengan kondisi perasaan yang dengan panca indra yang dirasakan siswa.
  • Pembuatan puisi dituntun dan diakhiri dengan persajakan yang sesuai.
  • Pembacaan di depan kelas.
  • Menjelaskan unsur persajakan dalam puisi.
  • Menjelaskan jenis-jenis persajakan dalam puisi.
  • Siswa mampu mengkolaborasikan kemampuan menulis dengan lingkungan yang dituangkan dalam puisi.
  • Mendiskribsikan lingkungan atau objek menjadi puisi
  • Menerapkan penggunaan sajak dalam membuat puisi.
  • Pengamatan Kinerja
  • Tes uraian
  • Unjuk kerja
  • Lisan perform-ance
  • Portofolio
2 x 40 menit
  • Antologi puisi Yan Mujianto
  • Kumpulan puisi
  • Lingkungan sekitar
  • Buku Teks Bahasa Indonesia Bahasa Kebanggaanku (Sarwiji Suwandi)
  • Sumber internet